Home Kesehatan Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat dan Aman

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Cepat dan Aman

Cara menurunkan kolesterol. Kolesterol apabila kadarnya sudah terlampau tinggi, maka akan mengganggu kesehatan dan bisa membahayakan. Maka dari itu, apabila anda mengalami kolesterol tinggi, jangan diam saja, segera cari tahu cara untuk menurunkan kolesterol anda.

Jaman sekarang ini, entah kenapa makin banyak saja yang terkena masalah kolesterol tinggi. Berbeda dengan jaman dahulu, sepertinya gangguan kesehatan di era modern seperti saat ini sudah begitu beragam dan kompleks. Mungkin pola hidup orang dulu lebih sehat dan tidak makan makanan yang aneh-aneh seperti sekarang.

cara menurunkan kolesterol

Selain itu, orang jaman dulu lebih terbiasa kemana-mana berjalan penuh gerakan, sedang jaman sekarang orang cenderung malas dan lebih mengandalkan kendaraan, jadi kurang gerak. Tidak heran bila sekarang banyak orang yang masih muda tapi sakitnya sudah macam-macam, salah satunya adalah mengalami kadar kolesterol tinggi.

Pengertian kolesterol :

Bagi anda yang belum paham, kolesterol adalah zat berwarna putih seperti lilin yang dapat ditemukan disetiap sel tubuh karena merupakan salah satu komponen lemak ( selain asam lemak bebas, trigliserida dan fosfolipid ) yang di produksi oleh hati.

Setiap harinya, hati akan memproduksi kolesterol sekitar 800 mg. Selain dari hati, sumber kolesterol juga didapatkan dari makanan yang kita konsumsi, terutama produk-produk makanan heawani seperti, kuning telur, susu, produk olahan susu, sea food, daging dan otak.

Fungsi kolesterol :

  • Pertumbuhan jaringan otak dan syaraf
  • Membentuk hormon s3ks yang sangat penting untuk perkembangan dan fungsi dari organ s3ksual
  • Melapisi membran sel dan membugkus jaringan syaraf
  • Bahan utama pembentukan asam garam empedu yang berguna untuk meningkatkan pembuangan lemak
  • Membuat vitamin D yang bermanfaat menyerap kalsium tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan tulang

Kolesterol terbagi menjadi 2 :

  • Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)
  • Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Kolesterol HDL adalah merupakan kolesterol baik, karena memiliki kemampuan untuk membersihkan pembuluh darah arteri karena HDL merupakan lemak yang dapat melarutkan kandungan lemak jenuh.

Kolesterol LDL adalah kolesterol jahat / lemak jenuh yang membuat endapan dan plak yang menyumbat pembuluh darah arteri. Lemak jenis ini, biasanya bersumber dari makanan hewani dan produk-produk makanan olahan, misalnya produk susu, daging, kripik dan junkfood.

Sebenarnya yang harus diperhatikan dan diwaspadai adalah kolesterol LDL (kolesterol jahat). Bila kadarnya berlebihan, maka akan menyebabkan penyakit.

Di dunia ini, ada sebab ada akibat. Tak luput juga dengan kadar kolesterol. Jika ternyata memang kadar kolesterol dalam tubuh tinggi, berarti ada hal-hal yang menyebabkannya. Hal ini penting sekali untuk diketahui, agar dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut dan bisa terhindar dari kadar kolesterol yang berlebihan. Apa saja yang menjadi penyebab kolesterol tinggi? selengkapnya silahkan anda simak daftarnya berikut ini!

Penyebab kolesterol tinggi :

  • Makanan

Jenis makanan yang dapat memicu tingginya kolesterol adalah sebagai berikut, susu, daging, keju, mentega kuning telur, snack (makanan ringan), crack dan kripik.

  • Kurang olahraga

Malas olahraga? padahal manfaat olahraga sangat bagus untuk menjaga kesehatan, tapi entah mengapa banyak yang malas melakukannya dengan berbagai macam alasan. Nah, salah satu mengapa kolesterol tinggi, adalah jarang olahraga. Orang yang rutin berolahraga, jarang terkena masalah kolesterol tinggi. Sebaliknya, orang yang jarang berolahraga sangat rentan terkena kolesterol tinggi. Bagi yang kesehariannya bekerja dalam posisi duduk yang lama, awas hati-hati ya, karena sangat rentan kolesterol tinggi.

  • Berat badan berlebihan (obesitas)

Kegemukan memang menjadi masalah yang cukup serius, karena dapat memicu berbagai penyakit. Salah satu penyebab terjadinya kolesterol jahat yang tinggi adalah obesitas. Rata-rata orang gemuk, lebih besar potensinya mengalami kolesterol tinggi. Maka dari itu, apabila anda merasa kegemukan ddalam taraf yang sudah mengkhawatirkan, segera berusaha menurunkan berat badan agar berat badan bisa turun.

  • Merokok

Siapa yang memiliki kebiasaan merokok? segera tinggalkan saja, karena dampak negatifnya terhadap kesehatan sangat mengerikan. Salah satu dari sekian banyak dampak buruk rokok adalah memicu terjadinya kolesterol tinggi.

Kenapa bisa begitu? karena didalam rokok mengandung akrolein / zat kimia berbahaya yang dapat mengurangi kadar HDL (kolesterol baik). Berkurangnya kadar HDL ini, akan menyebabkan kadar LDL (kolesterol jahat)  didalam tubuh meningkat.

Selain itu, zat kimia berbahaya tersebut juga bisa menimbulkan penumpukan lemak di dalam hati, sehingga hati tidak bisa berfungsi dengan baik.

Bagaimana, apakah masih mau diperbudak oleh rokok yang sudah jelas-jelas merugikan kesehatan? coba dipikir ulang lagi ya!

  • Faktor genetik / keturunan

Gangguan kolesterol tinggi juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Nah, coba diteliti, apakah ada nenek,kakek, ayah, ibu yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi? orang dengan garis keturunan yang punya riwayat penyakit kolesterol tinggi, memiliki peluang terkena kolesterol tinggi yang lebih besar dibandingkan orang yang lahir dari garis keturunan yang tidak punya riwayat kolesterol tinggi. So, harap berhati-hati ya!

  • Stress

Orang yang sering mengalami stress juga sangat berpotensi menderita kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan ketika sedang stres, kadar LDL (kolesterol jahat) akan meningkat tajam.

Pada saat stress, orang juga cenderung menumpahkan kepenatannya pada beberapa aktifitas yang bisa merusak tubuh dan memicu kolesterol, seperti merokok, minum alkohol dan melahap makanan penyebab kolesterol dalam jumlah banyak. Jadi, lebih baik hindarilah stress, karena tidak menyenangkan dan membawa penyakit saja.

  • Usia

Faktor penyebab kolesterol tinggi berikutnya adalah usia. Semakin bertambah tua, maka peluang terkena masalah kolesterol tinggi akan semakin besar. Lebih baik sejak dini berusaha menjaga pola makan dan hidup sehat agar tidak terkena kolesterol tinggi.

  • Minuman beralkohol

Faktor pemicu tingginya kadar kolesterol berikutnya adalah minuman beralkohol. Bagi yang suka minum minuman beralkohol, sebaiknya dikurangi atau dihentikan saja. Orang yang rutin minum minuman beralkohol memiliki resiko kolesterol tinggi yang lebih besar dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Adanya penyakit lainnya

Ternyata, kadar kolesterol yang tinggi juga dapat dipicu adanya penyakit lainnya. Beberapa penyakit yang dimaksud diantaranya adalah gangguan ginjal kronis, penyakit hati dan liver. Selain itu, pada orang yang menderita hipertensi (darah tinggi), biasanya juga rentan kolesterol tinggi. Wah, ngeri juga ya!

  • Konsumsi obat-obatan tertentu

Tahukah anda bahwa orang yang sering mengkonsumsi obat-obatan kimia juga berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi? iya, obat-oabatan semacam thiazide, estrogen dan beta-blocker adalah sederetan obat-obatan yang menyebabkan kolesterol tinggi, karena dapat mengurangi kadar HDL didalam tubuh.

Setiap ketidak beresan didalam tubuh, biasanya akan ada ciri-ciri atau gejala yang dapat dilihat. Termasuk juga apabila kadar kolesterol didalam tubuh cukup tinggi, maka akan dapat diketahui dengan beberapa tanda-tanda yang cukup jelas. Silahkan anda lihat tanda-tanda kolesterol tinggi berikut ini.

Gejala kolesterol tinggi :

  • Kaki terasa nyeri

Gejala yang cukup sering dialami ketiak kolesterol tinggi adalah kaki yang terasa nyeri, berat, tidak nyaman dan cepat lelah saat sedang dipakai beraktifitas. Hal ini dikarenakan aliran darah ke kaki tidak lancar karena arteri yang tersumbat.

  • Kesemutan

Sering kesemutan adalah salah satu tanda kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan aliran darah menggumpal dan tidak lancar.

  • Pundak terasa pegal

Tanda lainnya adalah pada bagian pundak yang terasa begitu pegal. Hal ini juga diakibatkan karena suplai darah dan oksigen terhambat karena adanya penumpukan plak pada pembuluh darah.

  • Tengkuk terasa berat

Gejala lainnya yang bisa menjadi indikasi kolesterol sedang tinggi adalah pada bagian tengkuk terasa begitu berat. Alasannya sama, suplai darah dan oksigen yang terhambat.

  • Kram pada malam hari

Orang yang mengalami kolesterol tinggi, pada saat tidur dimalam hari sering sekali mengalami kram pada bagian tumit, jari dan juga kaki bagian bawah.

  • Sakit kepala

Salah satu gejala yang mengindikasikan kolesterol tinggi adalah sering sakit kepala. Hal ini terjadi karena ketika kolesterol sedang tinggi akan menyebabkan pembuluh darah mengalami pengerasan ( arteriosklerosis ), sehingga asupan darah dan oksigen ke otak terhambat, akibatnya kepala terasa begitu sakit.

  • Cepat lelah

Orang dengan kolesterol tinggi cenderung merasakan cepat lelah. Badan rasanya lemah, letih dan lesu. Hal ini diakibatkan aliran darah tidak lancar karena pembuluh darah terhambat. Perasaan sudah tidur lama, tetapi masih terasa cape.

Biasanya ketika kondisi badan lemah letih lesu seperti diatas terjadi diatas usia 30 tahun, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek secara langsung kondisi kadar kolesterolnya.

Tahukah anda bahwa ada sederetan penyakit mematikan dan kronis yang diakibatkan oleh kadar kolesterol tinggi? iya, memang benar adanya bahwa memang kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya beberapa penyakit yang bisa digolongkan sebagai penyakit yang berbahaya. Untuk mengetahui apa saja daftar penyakit akibat kolesterol tinggi, anda dapat membaca daftar lengkapnya dibawah ini.

Penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi :

  • Stroke

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan ditakuti semua orang, stroke. Penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya serangan stroke. Untuk itu, hati-hatilah apabila kolesterol anda tinggi.

  • Jantung

Sakit jantung, penyakit mematikan yang menjadi momok di seluruh dunia. Salah satu akibat dari tingginya kadar kolesterol adalah penyakit jantung. Peredaran darah yang membawa oksigen ke jantung tidak berjalan lancar karena pembuluh darah arteri yang menyempit, sehingga mengakibatkan sakit jantung.

  • Impotensi

Gangguan kesehatan akibat kolesterol tinggi berikutnya adalah impotensi. Pembuluh darah menyempit akibat penumpukan kolesterol sehingga dapat mengganggu aliran darah ke organ reproduksi, sehingga tidak dapat berfungsi maksimal.

  • Xanthomas

Penyakit yang dipicu oleh kolesterol tinggi berikutnya adalah xanthomas. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah munculnya benjolan berwarna kuning kemerahan.

  • Familial Hipercholesterolemia (FH)

Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol yang sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Penyakit ini, masuk kedalam kategori penyakit keturunan dimana ketika orang tua menderita penyakit ini, maka anaknya pun akan menderita penyakit yang sama dengan orang tuanya.

Percayalah, bahwa sebenarnya semua penyakit ada obatnya. Begitu pun dengan kolesterol tinggi yang dapat diatasi dengan berbagai macam cara dan bahan-bahan yang tersedia di alam. Tinggal kita manfaatkan saja dan disertai kemauan dan niatan yang tinggi untuk bisa sembuh. Niat ingin sembuh yang timbul dari dalam diri sendiri akan sangat efektif untuk memotivasi diri untuk melakukan perawatan dan usaha pengobatan dengan sabar, telaten dan rutin.

Apakah anda ingin tahu lebih jauh lagi seperti apa, apa saja dan bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol tinggi? untuk lebih detail dan jelasnya, silahkan anda baca daftarnya berikut ini.

Cara menurunkan kolesterol :

Olahraga secara rutin

Sekali lagi, bahwa tidak ada yang menyangkal bahwa olahraga sangat disarankan untuk rutin dilakukan. Badan menjadi sehat, berat badan ideal, tubuh segar, pikiran bisa jernih dan dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Untuk bisa menormalkan kadar kolesterol, salah satu rahasianya adalah dengan olahraga. Sesuaikan jenis dan durasi olahraga terhadap usia dan kondisi fisik anda masing-masing. Minimal 5 kali dalam seminggu dan dengan durasi 30 menit setiap kali berolahraga, maka kolesterol baik (HDL) akan dapat meningkat dan kolesterol jahat (LDL) akan dapat berkurang.

Banyak sekali pilihan olahraga yang dapat dilakukan, misalnya lari, bersepeda, senam, renang dll. Intinya adalah konsisten, lakukan dengan rutin. Dengan membiasakan diri berolahraga, maka kadar kolesterol jahat bisa diturunkan dengan cepat. Jantung dan paru-paru juga menjadi lebih sehat.

Konsumsi makanan penurun kolesterol tinggi

Tahukah anda bahwa banyak sekali jenis makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh? ada berbagai pilihan jenis makanan yang bisa anda pilih dan tentunya aman karena mayoritas berasal dari alam. Rasanya enak dan menyehatkan. Penasaran apa saja makanan yang bisa menurunkan kolesterol? silahkan anda lihat daftarnya berikut ini!

13 Makanan penurun kolesterol

1. Alpukat

Makanan pertama yang dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah buah alpukat. Buah alpukat merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol DHL sekaligus menurunkan kolesterol LDL. Hal ini karena alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal.

Didalam alpukat, terkandung beta-sitosterol. Apa itu beta-sitosterol? beta-sitosterol adalah lemak nabati untuk dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Sekedar saran saja, dikarenakan buah alpukat mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi, lebih baik jangan terlalu sering dikonsumsi. Makan secukupnya saja dan diatur sedemikian rupa.

2. Oatmeal

Bahan makanan berikutnya yang dapat menurunkan kolesterol adalah oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang bahan utamanya adalah gandum dengan kandungan serat yang sangat tinggi. Sehingga oatmeal sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Didalam oatmeal, kandungan serat larutnya begitu tinggi. Serat larut ini akan menghambat tubuh dalam menyerap kolesterol jahat.

Bagaimana dengan takaran oatmeal yang harus dikonsumsi tiap hari? cukup 1 1/2 cangkir saja dalam sehari. Didalam 1 1/2 cangkir oatmeal, sudah terdapat 5 gram serat larut.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal sebagai salah satu bahan bumbu dapur. Namun, tahukah anda bahwa ternyata bawang putih sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan melindungi jantung? iya, memang benar, bawang putih memang sudah selama berabad-abad dipercaya dan dikenal dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, bawang putih juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Dalam usaha menurunkan kolesterol dengan bawang putih ini, sangat disarankan untuk mengkonsumsinya dalam kondisi mentah. Anda dapat mencampurkannya kedalam makanan atau bisa juga memasukkannya kedalam salad.

4. Buah zaitun

Bagi anda penderita kolesterol tinggi, bersyukurlah karena ada buah zaitun. Iya, buah ini sangat ampuh dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang tinggi tanpa mengurangi jumlah kolesterol baik (HDL) didalam tubuh karena buah zaitun memiliki kandungan zaitun hydroxytyrosol.

Selain itu, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi juga minyaknya. Iya, minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat efektif meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Kacang panjang

Tentu anda pun mungkin sudah mengetahui sayuran yang satu ini, yaitu kacang panjang. Terkait dengan usaha dalam menurunkan kolesterol, kacang panjang sangatlah efektif. Kemampuan menghambat laju serta jumlah penyerapan kolesterol dalam jenis makanan tertentu begitu mumpuni, hal ini berkat kandungan serat yang sangat tinggi yang ada dalam kacang panjang.

6. Yoghurt bebas lemak

Yoghurt bebas lemak juga sangat efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini karena didalam yoghurt terkandung kalsium, protein serta mikroorganisme lactobacillus yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didlaam tubuh.

7. Kedelai

Tahukah anda bahwa kedelai dan berbagai macam bahan makanan lain yang berasal dari kedelai cukup hebat dalam menurunkan kolesterol? iya, memang benar kedelai terbukti handal dalam hal ini. Contoh makanan yang terbuat dari kedelai yang bisa anda pilih, misalnya tempe, tahu dan susu kedelai. Rasanya enak dan ternyata begitu kaya manfaat.

8. Teh hitam

Minum teh sudah menjadi budaya di seluruh dunia. Teh hitam adalah salah satu jenis teh yang ada. Ternyata, teh hitam memiliki khasiat yang luar biasa untuk mencegah kanker dan menurunkan kolesterol tinggi.

Dalam rentang waktu 3 minggu saja, teh hitam mampu menurunkan kadar kolesterol hingga 10%. Data ini merupakan hasil penelitian dari USDA.

Jadi, bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol dengan cara santai dan nikmat, silahkan anda coba meminum teh hitam dengan rutin.

9. Anggur merah

Buah anggur adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan segar dan sangat kaya manfaat. Berkat kandungan berbagai macam vitamin didalamnya.

Terkait dengan usaha menurunkan kolesterol yang tinggi, buah anggur merah bisa anda jadikan pilihan. Konsumsilah dengan rutin, niscaya kolesterol jahat dalam tubuh anda akan menurun.

Kadar LDL (kolesterol jahat)  dapat diturunkan sebanyak 9 s/d 12 % ketika mengkonsumsi buah anggur merah. Hal ini berdasarkan hasil temuan dari sebuah study. Study tersebut, berlokasi di di Universidad Complutense de Madrid di negara Spanyol dan dilakukan oleh The Department of Metabolism and Nutrition.

10. Almond

Kacang almond juga terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini tidak terlepas dari kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang juga begitu baik untuk kesehatan pembuluh darah.

Ada salah satu rahasia agar anda benar-benar mendapatkan khasiat dari kacang almond dalam menurunkan kolesterol, yaitu jangan makan kacang almond yang sudah dicampur gula atau garam.

11. Kenari

Kacang kenari memiliki manfaat dalam menurunkan kolesterol. Sama halnya dengan kacang almond, kandungan asam lemak tak jenuh gandanya juga luar biasa tinggi, sehingga dapat menyehatkan pembuluh darah. Begitu juga ketika mengkonsumsinya, agar khasiatnya tak berkurang, jangan makan kacang kenari yang sudah dicampur garam atau gula.

12. Sayuran dan buah tinggi antioksidan

Sayuran dan buah, selain rasanya enak dan segar, juga sangat menyehatkan. Dari berbagai macam buah yang ada, ada daftar buah yang memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bisa menurunkan kolesterol serta menjaga kesehatan jantung.

Diantaranya adalah sebagai berikut : bayam, wortel, ubi jalar, mangga, labu, cabe, aprikot, brokoli, paprika, jambu biji, strawberry, blackberry, blueberry, cranberry dan acai berry.

13. Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3

Seperti kita ketahui, ikan termasuk salah satu opsi konsumsi masyarakat. Kabar baiknya, ada beberapa ikan yang mengandung asam lemak omega 3 yang cukup tinggi yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, kandungan omega 3 nya juga dapat menyehatkan jantung, mencegah pembekuan darah dan meminimalisir terjadinya kematian mendadak akibat serangan jantung.

Kurangilah mengkonsumsi gluten

Apa itu gluten? bagi anda yang belum mengetahui apa maksud dari gluten, gluten adalah kandungan yang terdapat didalam pati seperti tepung.

Bagi anda yang mengalami masalah kolesterol tinggi,  sangat disarankan untuk menghindari makanan yang terbuat dari bahan pati atau tepung, hal ini karena keduanya mengandung gluten yang cukup tinggi.

Jenis makanan yang wajib dihindari penderita kolesterol tinggi

Ada begitu banyak jenis makanan yang sebaiknya dihindari bagi yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Udang
  • Kepiting
  • Cumi-cumi
  • Kerang
  • Belut
  • Siput
  • Susis
  • Keju
  • Susu berlemak tinggi
  • Mentega
  • Gorengan
  • Otak sapi
  • Daging sapi berlemak
  • Gajih Sapi dan kambing
  • Kuning telur
  • Telur puyuh

Itulah ulasan mengenai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami yang dapat anda terapkan. Dengan mematuhi aturan dan meninggalkan pantangan, niscaya kadar kolesterol anda akan menurun dan kembali normal. Untuk mengetahui berapa kadar kolesterol anda, sudah turun atau belum, anda dapat melakukan proses pengecekan darah di rumah sakit atau di laboratorium.

Kesehatan sangat mahal harganya, tak ternilai dengan apapun. Ada pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Memang benar, lebih baik mencegah agar jangan sampai terkena masalah kolesterol tinggi, daripada terlanjur mengalaminya. Namun, bagi yang sudah terlanjur kena, jangan patah arang, terapkan car-cara diatas agar segera terbebas dari masalah kolesterol tinggi. Selamat mencoba, semoga berhasil.

SHARE