Home Kecantikan 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam

Jerawat memang mengganggu, tidak sakit sih tapi ketika terkena jerawat di wajah rasanya jadi kurang nyaman dan menjadi kurang pede. Ketika jerawat sudah bisa dihilangkan, kadangkala timbul masalah baru berupa bekas jerawat yang menghitam. Tentu kondisi seperti ini terasa menyakitkan sekaligus memalukan, membuat kulit wajah yang cantik mulus menjadi kurang sedap dipandang gara-gara bekas hitam yang ditinggalkan oleh jerawat. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam?

cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

Sebenarnya bekas jerawat tidak akan menghitam apabila tidak ada sebabnya. Namun, seringkali kita kurang mempunyai ilmu alias tidak tahu. Sehingga, pada akhirnya kita melakukan banyak hal yang sebenarnya tidak dianjurkan untuk dilakukan ketika sedang jerawatan. Akibatnya, muncul noda hitam bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan. Ingin tahu apa saja penyebab bekas jerawat menghitam? berikut ini adalah rangkuman singkatnya.

Penyebab bekas jerawat menghitam :

1.Tangan rasanya gatel ingin terus mencet jerawat

Tentu hal ini sangat tidak dianjurkan. Memencet jerawat hanya akan memperburuk kondisi jerawat Anda. Apa gunanaya coba? yang benar itu jerawat diobati dengan bahan atau obat yang benar, bukannya terus-terusan dipencet.

Namun fakta di lapangan membuktikan masih banyak kasus memencet jerawat. Salah satu dampak buruk aktifitas pencet memencet jerawat ini adalah ketika nanti jerawat sudah sembuh, bekas jerawat akan menjadi hitam. Masih ingin terus memencet jerawat Anda? pikir-pikir dulu ya hehe!

2. Memakai bedak tebal saat sedang jerawatan

Satu lagi penyebab umum kenapa bekas jerawat jadi hitam adalah kebiasaan memakai bedak tebal pada saat sedang jerawatan. Sangat disarankan menggunakan bedak tabur untuk sementara waktu sampai kondisi jerawat membaik / hilang. Jangan ngeyel atau Anda akan menyesal karena bekas jerawat akan menghitam.

3. Suka lupa membersihkan make up

Sebelum tidur, biasakan dan disiplinkan diri untuk membersihkan make up. Salah satu kebiasaan buruk yang juga menjadi sebab munculnya bekas jerawat yang hitam adalah suka lupa atau malas membersihkan make up sebelum beranjak tidur.

Setelah Anda mengetahui beberapa sebab mengapa bekas jerawat bisa menghitam, mulai sekarang sebisa mungkin hindarilah penyebab yang telah disebutkan diatas. Kalau sampai nekad dan akhirnya bekas jerawat menjadi hitam, nanti Anda sendiri juga yang merugi.

Setiap masalah ada solusinya, begitu pun dengan masalah bekas jerawat yang hitam. Harus ada usahanya, jangan hanya pasrah saja menghadapi kenyataan. Nah, untuk mengatasinya, tentu ada ilmunya dan tidak bisa asal-asalan. Berikut beberapa caranya.

Cara menghilangkan bekas jerawat yang menghitam

1. Laser

Salah satu pilihan cepat dan tepat untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat adalah dengan menggunakan laser. Cara ini tentu membutuhkan biaya tapi hasilnya tergolong cepat dan dikerjakan oleh ahlinya, jadi sangat aman. Ada beberapa jenis laser, namun yang paling cocok untuk menghilangkan jerawat adalah laser erbium YAG. Laser ini memiliki panjang gelombang 2.940 nm dan sangat pas untuk memperbaiki bekas jerawat.

2. Chemical peeling

Cara ini bisa menjadi opsi bagi yang ingin menghilangkan bekas jerawat. Cara kerja chemical peeling bergantung pada bahan kimia yang dipakai dan tujuannya adalah untuk merusak bagian kulit tertentu dengan tujuan agar proses regenerasi kulit cepat terjadi. Namun sebenarnya cara ini memiliki kelemahan apabila terlambat mengangkat akan berakibat kulit terbakar.

3. Dermaroller

Cara penghilangan bekas jerawat yang satu ini bisa dikatakan adalah yang paling oke dan paling simpel diantara metode lainnya. Banyak klinik kecantikan yang menawarkan dermaroller. Untuk jenisnya, dermaroller terbagi menjadi 2, yakni manual dan digital. Kalau manual harus dioperasikan oleh dokter secara langsung. Sedangkan yang digital sudah dapat diatur berapa kali menusuk dan kedalaman jarumnya dan memiliki bentuk mirip bolpoin. Apabila Anda memilih yang digital, siapkan mental karena rasanya lebih sakit daripada yang manual.

4. Dermal fillers

Cara selanjutnya yang dapat Anda pilih untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan dermal fillers. Jadi cara kerja metode ini adalah dengan menyuntikkan cairan kedalam bekas jerawat yang berlubang untuk membuat permukaan kulitnya menjadi sama rata dengan permukaan kulit lainnya. Untuk cairan yang dipakai, dijamin sangat aman, yakni menggunakan asam hialuronat atau kolagen. Namun ingat, cara ini memiliki kelemahan, yaitu hasil akhir yang tidak permanen. Konsekuensinya, Anda harus mengulang prosedur dermal fillers tersebut setelah beberapa bulan.

5. Krim

Metode penghilangan bekas jerawat yang menghitam selanjutnya adalah menggunakan krim. Cara ini sudah banyak dipakai oleh banyak orang karena tergolong simpel. Dengan rutin mengoleskan krim penghilang bekas jerawat, maka bekas jerawat lambat laun akan memudar dan kulit kembali normal seperti semula. Jika Anda memilih metode ini, gunakan krim malam saja sudah lebih dari cukup untuk menghilangkan bekas jerawat.

6. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi merupakan prosedur perawatan wajah yang dapat dilakukan di klinik kecantikan atau dokter kulit. Selama proses mikrodermabrasi, terdapat suatu mesin yang digunakan untuk melepaskan kristal aluminium oksida yang sangat halus. Mikrodermabrasi bekerja sangat baik untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi.

Itulah informasi tentang Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Menghitam. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Lebih baik mencegah datangnya jerawat daripada mengobatinya. Jangan lakukan juga hal-hal yang bisa membuat bekas jerawat menghitam.

SHARE