Home Kesehatan Rahasia Terbongkar: Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Ampuh

Rahasia Terbongkar: Cara Menghilangkan Bau Badan Paling Ampuh

Cantikimutmanis.com ~ Hayo siapa yang merasa mengalami masalah bau badan, terutama bagian ketiak? pasti banyak nih yang mengalami masalah nyebelin ini. Bagaimana ya cara menghilangkan bau badan? pasti dong, banyak yang kepo dan penasaran banget nih sama solusinya, ya kan?

cara menghilangkan bau badan

Memang sih problem hidup setiap orang itu beda-beda ya. Jika ada yang sebel gara2 masalah bau badan, ya tidak perlu ngedumel, lebih baik buruan nyari solusi yang ciamik untuk mengatasi masalah bau badan tersebut. Kayaknya sih bau badan ada tingkatannya gitu, ada yang bau badannya tuh biasa2 aja, ada yang rada parah dan ada pula yang super parah. Separah apapun, yang pasti tetap harus dicarikan solusi.

Menurut dunia medis, bau badan yang tidak sedap itu disebabkan karena adanya bakteri yang ada dibagian pori-pori kulit yang tertutup lapisan keringat. Meskipun persentasenya tergolong sangat kecil, tetapi bakteri tersebut dapat memecah protein dan mengubahnya menjadi asam, alhasil jadi deh bau badan yang kecut tak sedap.

Makanan penyebab bau badan

Sekedar info nih ya, sebelum tahu solusi bau badan, ada baiknya kamu juga tahu dulu apa saja yang bisa menyebabkan timbulnya bau badan. Salah satunya adalah dari makanan. Manusia hidup pasti butuh makan kan? nah, ternyata ada nih segelintir makanan yang memicu timbulnya bau badan. Mau tahu? berikut diantaranya :

  • makanan kaleng tinggi gula
  • pete
  • bawang merah dan putih
  • jengkol
  • daging merah
  • makanan cepat saji (junk food)
  • kopi

Kebiasan buruk yang memicu bau badan

Ada juga nih kebiasaan buruk yang membuat bau badan datang menyerang. Ingin tahu? yuk baca!

  • merokok

Merokok memang sangat tidak disarankan dan buruk bagi kesehatan kita. Makanya jangan coba2 merokok ya! Nah, kenapa merokok bisa menyebabkan timbulnya bau badan? jawabnya adalah karena rokok terbuat dari tembakau.

Tembakau inilah yang sebenernya menjadi cikal bakal mengapa kegiatan merokok dapat memicu bau badan. Jadi penjelasannya begini, ketika merokok maka bahan kimia yang terdapat dalam asap rokok akan memecah asam pada keringat. Jadi keringat menjadi lebih bau dan jadilah bau badan makin nggak karuan. Baiknya hindari sajalah merokok, tidak ada untungnya merokok, yang ada malah rugi, kesehatan rusak dan juga duit dibakar2, mending duitnya ditabung atau dibelikan kebutuhan lain kan lumayan.

Oke, masalah adalah bagian dari hidup, jadi orang yang masih hidup pasti ada aja masalah. Nah, tinggal bagaimananya kita dalam memanage masalah tersebut. Kalau emang punya masalah bau badan, jangan jadi stress dong, yang bener itu ya lekas cari solusinya. Setuju?

Oke, daripada pusing, kami ingin memberikan sedikit solusi terkait gimana caranya membasmi bau badan yang membandel yang bisa mengganggu kehidupan sosial gara2 malu dan berpotensi menimbulkan stres tersebut. Penasaran kan? yuk, langsung aja to the point!

Cara menghilangkan bau badan

  • Mandi

Mandi adalah salah satu kebutuhan wajib. Jika sampai malas mandi, jangan harap deh bau badan bisa ilang. Membersihkan diri tentu menjadi rutinitas yang harus diutamakan. Hewan aja mandi, masa iya manusia malah males mandi. Betul nggak?

Oke, kalau kamu rajin mandi, tentu saja badan kamu jadi lebih bersih dan wangi. Biasanya yang demen banget bau yaitu bagian ketiak. Jadi, pas mandi dibersihkan dengan teliti ya bagian ketiaknya biar kotoran dan keringat yang menempel bisa hilang.

Paling tidak, yah minimal 2 kali dalam sehari lah kalau urusan mandi. Mandi di pagi hari sebelum beraktifitas dan pada sore harinya setelah selesai beraktifitas. Mudah kan? apa sulitnya coba? jangan sampai males mandi ya!

  • Pakai sabun anti bakteri

Pas mandi ya, pilihlah sabun mandi anti bakteri yang mengandung senyawa aktif triclosan yang terbukti ampuh dalam membasmi bakteri dan kuman yang menempel di kulit. Ratakan sabun dengan teliti pada bagian tubuh yang dirasa menjadi sumber munculnya bau badan seperti lipatan ketiak.

Tapi ya harus juga diketahui dan diingat. Sabun anti bakteri memang cenderung membuat kondisi kulit menjadi kering kerontang. Nah, solusinya adalah dengan memakai lotion pelembab setelah selesai mandi. Silahkan pilih sendiri pelembab yang cucok dengan kamu.

  • Cukur bulu ketiak

Nah, ini nih salah satu sebab musabab yang bener2 bisa membuat ketiak jadi bau, apakah itu? yups… bulu ketiak!!

Bedakan saja antara ketiak yang tidak dicukur bulunya dengan ketiak yang dicukur bulunya. Pasti beda banget dong!

Ketiak yang tidak dicukur terlihat jorok dan rentan bau badan. Pas keringetan dan panas, uhhh bau ketiak bisa sangat menyengat tidak sedap. Pokoknya nggak banget deh kalo bulu ketiak nggak dicukur!

Beda dong kalo bulu ketiak dicukur, hmmm bersih dan tidak terlihat jorok. Selain itu, ketiak yang bebas bulu juga lebih aman dari yang namanya bau ketiak. Paling nggak, dapat meminimalisir lah terjadinya bau ketiak yang parah.

  • Baju harus rutin ganti

Soal baju yang dikenakan, jangan males lah. Ganti dong kalau emang udah kotor dan bau. Apalagi kalau emang aktifitas kamu padet banget dan outdoor dimana banyak debu, panas matahari dan keringet berkombinasi menjadi satu. Wah, baju udah basah sama keringat juga. Hmm, komplit deh bau badan pasti datang menyergap kalau udah gini.

Maka dari itu, ganti baju sangat penting untuk meminimalisir terjadinya bau badan. Baju kotornya juga dicuci ya sampai bersih biar pas dipakai lagi udah wangi dan bebas kotor.

  • Pilih baju yang menyerap keringat

Ini juga penting nih. Pemilihan bahan baju yang menyerap keringat sangat disarankan bagi yang dilanda masalah bau badan. Biasanya bahan baju yang bagus yang maksimal dalam menyerap keringat adalah yang berbahan katun. So, harus pinter juga yang pilih baju.

  • Pakailah deodorant

Siapa sih yang nggak ngerti sama deodorant? kebangetan kalo sampai nggak ngerti. itu lho yang sering nongol diiklanin di tipi2. Ada banyak banget merk deodorant di pasaran, tinggal pilih aja sesuai selera dan yang dirasa paling cocok buat kamu.

Nah, pemakaian deodorant ini juga cukup efektif membantu mengatasi bau badan. Setelah selesai mandi, tinggal dioles srett sreettt di ketiak, bau badan langsung jauh deh.

  • Jangan stres

Siapa yang suka stres? jangan lah ya. Hidup ini indah lho, kenapa harus stres segala? syukuri apa yang dimiliki maka hati akan bahagia. Omong2 soal sttres, tahu nggak kalau stres menjadi salah satu pemicu munculnya bau badan? ah masa sih? yang bener? serius, ini beneran. Makanya jangan stres. Lanjut baca ya!

Ada kok penjelasannya. Jadi nih ya, didalam sebuah penelitian, disebutkan bahwasanya stres berperan besar dalam memicu kelenjar apokrin untuk mengeluarkan keringat berlebihan. Nah, akibat keringat berlebih ini nih yang menjadi salah satu biang kerok bau badan.

Bagi yang suka cemas dan suka marah2 nggak jelas, juga harus hati2 karena ini juga bagian dari stres juga kan yang tentu saja bisa memicu kelenjar apokrin untuk mengeluarkan keringat berlebihan dan otomatis memicu terjadinya bau badan.

So, udah jelas banget ya kalo stres juga menjadi salah satu pemicu munculnya bau badan. Makanya, jangan suka stres. Dibikin enjoy aja, hidup itu penuh warna, tetap berpikir positif aja ntar stress nggak bakalan deket2 dan bye byeee bau badan.

  • Jangan males olahraga

Siapa yang nggak suka olahraga? usahakan ya mulai sekarang dirutinkan olahraganya. Biar badan sehat dan bisa bebas bau badan. Emangnya ada kaitannya antara olahraga sama bebas bau badan? jawabnya ADA!

Secara kasat mata emang olahraga malah mamicu keluarnya banyak keringat. Tapi justru ini malah bagus lho. Makin banyak keringat yang keluar saat olahraga, makin bagus. Kenapa bisa begitu?

Penjelasannya begini ya, jadi nih ya pas olahraga kan keringetan banyak banget tuh. Nah, keringat yang keluar saat olahraga ini malah bisa membantu membuang bakteri dan kuman pada bagian pori2 kulit. Nah dengan hilangnya bakteri dan kuman tersebut, maka bau badan malah bisa hilang. Paham belum? Jadi kan bakteri dan kuman pada pori kulit itu bisa memicu timbulnya bau badan kan, nah kalau udah terbuang bersama keringat pas olahraga, alhasil bau badan jadi bisa hilang juga. Paham ya sekarang? good!!

Makanya, ayo mulai dirutinkan olahraga. Seminggu berapa kali gitu. Bisa jogging, sepedaan atau apalah yang penting olahraga dan keringetan sehat dan bebas bau badan!

  • Cobalah pakai parfum

Nah, ini nih salah satu trik dan strategi yang cukup ampuh dan banyak dipilih untuk mengatasi bau badan. Pakai parfum, yupss. Parfum kan baunya wangi enak seger. Jadi sangat ampuh untuk menyamarkan bau badan, Meskipun nanti kalau udah aktifitas dan keringetan seharian efek parfum cukup berkurang signifikan. Yah tapi lumayan lah buat jadi salah satu solusi bau badan.

  • Kalau keringetan buruan diseka

Jangan males menyeka keringat. Keringat kan kalau dibiarkan tidak diseka dan dikeringkan bisa banget memicu terjadinya bau badan. So, mulai sekarang kalau keringetan buruan diseka pakai handuk kering, sapu tangan, tissue atau apalah yang penting dikeringkan keringatnya biar nggak bau badan.

Cara menghilangkan bau badan secara alami dengan bahan-bahan natural

Tidak sedikit yang lebih menyukai merawat tubuh menggunakan bahan-bahan alami karena dirasa lebih aman. Memang benar, sebenernya banyak banget bahan-bahan alami yang bisa diandalkan dalam membasmi bau badan. Penasaran ya? yuk kepoin!!!!

  • Makan buah

Buah sangat baik untuk tubuh kita. Berbagai macam buah tersedia di alam. Selain rasanya enak dan segar, buah juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Makanya jangan ogah makan buah-buahan ya.

Bicara buah, salah satu manfaat konsumsi buah-buahan adalah dapat membantu mengatasi masalah bau badan. Buah cukup mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Alhasil, usu bersih dan keringat jadi tidak bau.

Buah-buahan yang terbilang cukup membantu mengatasi masalah bau badan diantaranya seperti buah jambu biji, apel, pepaya, jeruk dan lain sebagainya banyak deh pokoknya. Coba aja konsumsi buah ya biar bisa ngebantu lepas dari masalah bau badan yang mengganggu. Oke!!

  • Daun sirih

Daun sirih bisa dipakai untuk mengatasi masalah bau badan. Bisa diminum bisa pula dipakai sebagai perawatan luar. Kombinasi perawatan luar dan dalam kayaknya oke banget tuh! Caranya?

  • Jika pengen diminum tinggal rebus aja beberapa daun sirih dengan air lalu air hasil rebusan itu diminum secara rutin

Kalau pengen dipakai buat perawatan luar, caranya juga simpel kok!

  • siapkan beberapa lembar daun sirih segar
  • tumbuk sampai halus
  • oleskan merata dan gosok pada bagian ketiak beberapa menit
  • diamkan 10-15 menit
  • bilas dengan mandi sampai bersih

Itulah gimana caranya manfaatin daun sirih untuk bau badan. Silahkan dicoba!

  • Daun jambu biji

Ini nih satu lagi bahan alami yang cukup oke buat ngatasin masalah bau badan. Yup, cukup gunakan daun jambu biji. Caranya pun cukup simpel kok!

  • Haluskan beberapa lembar daun jambu biji
  • oleskan merata dan gosok lembut pada bagian ketiak
  • Diamkan beberapa menit
  • Bilas sampai bersih
  • Lakukan rutin, maka akan terlihat hasilnya bau badan hilang

Cukup gampang kan? silahkan dicoba bagi kamu yang berminat dengan cara ini!

  • Cuka apel

Cuka apel juga menjadi salah satu bahan alami yang cukup oke untuk mengatasi masalah bau badan. Cuka apel menjadi bahan yang ampuh dalam membasmi bakteri penyebab bau badan dan dapat menjadi penyeimbang pH kulit. Ada beberapa cara yang bisa dipilih dalam perawatan dengan cuka apel ini.

Cara 1 yaitu dengan mengoleskan langsung cuka apelnya

Nah, di cara peratama ini, cukup teteskan cuka apel pada sebuah kapas lalu gosokkan saja pada bagian tubuh yang seringkali mengalami bau badan, misalnya pada ketiak. Diamkan beberapa menit lalu bilas. Lakukan perawatan ini sebelum mandi yaitu pada pagi dan sore hari. Jika rutin dilakukan maka bau badan akan hilang.

Cara 2 yaitu berendam dengan cuka apel

Caranya gampang kok, tinggal campur aja air hangat dengan cuka apel secukupnya lalu dipakai buat berendam. Takarannya, 250 ml cuka apel dicampur dengan 1 bak mandi yang berisi air hangat. Kalau sudah dicampur tinggal berendam aja disitu. Perawatan ini dapat dilakukan 2 hari sekali.

Cara 3 yaitu cuka apel diminum

Ini bisa dikatakan perawatan dari dalam. Cuka apel bisa juga kok diminum. Minum secara rutin maka bau badan berangsur berkurang dan hilang.

  • Daun kemangi

Daun kemangi juga bisa menjadi andalan dalam menghalau bau badan. Tidak usah bingung dan galau kalau pakai daun kemangi ini. Cukup dimakan saja secara rutin. Dimakan sebagai lalapan pas makan kan juga enak, yummmii!!! Rasakan manfaat makan daun kemangi, bau badan makin lama berangsur berkurang dan hilang.

  • Baking soda

Yups, kalau denger baking soda pasti bawaannya langsung kepikiran membuat roti. Ya, memang benar baking soda biasa dipakai sebagai salah satu bahan pembuatan roti.

Tapi tahukah kamu kalau baking soda juga bisa dijadikan bahan untuk mengatasi bau badan tak sedap? sudah tau belum? jadi nih ya, baking soda ini ternyata memiliki kemampuan menyerap keringat dengan sangat baik serta dapat mematikan bakteri penyebab bau badan lho. Kalo belum tau cara manfaatin baking soda sebagai bahan penghilang bau badan, ayo dibaca ya buat nambah wawasan.

Caranya :

  • 1 sendok teh baking soda dicampur dengan 1 sendok teh sari lemon
  • campur kedua bahan tersebut sampai rata
  • oleskan merata ke bagian tubuh yang rentan bau, misal ketiak
  • diamkan kurleb 5 – 10 menit, dan ingat jangan digosok ya!
  • bilas sampai bersih
  • perawatan ini dapat dilakukan 1 kali sehari sebelum mandi
  • lakukan secara rutin selama beberapa minggu untuk hasil maksimal

Nah, bagi kamu yang penasaran pengen nyoba ngatasin bau badan dengan baking soda diatas, silahkan saja semoga sukses yak!!

  • Jahe

Sebagai warga negara Indonesia, harusnya tau lah ya dengan yang namanya jahe. Yups, ada apa dengan jahe? ternyata eh ternyata, jahe juga bisa dimanfaatin buat mengatasi masalah bau badan lho. Serius? yups, ini beneran kok.

Biar nikmat, jahe biasa dibuat minuman, istilah kerennya “wedang jahe”. Sehari cukup minum 1 gelas wedang jahe aja udah bisa ngebantu mengatasi bau badan lho. Coba aja ya!

  • Santap sayuran hijau

Bukan rahasia lagi kalau sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Sayuran hijau semacam kangkung, bayam, seledri sangat cucok untuk dijadikan bahan pembasmi bau badan. Kenapa? karena sayuran2 ini kaya akan klorofil. Klorofil ini, bisa menjadi deodorant alami. Keren kan? makanya jangan males makan sayur!

Kalo mau agak ribet, bisa juga seledri yang dicampur air panas lalu diminum airnya setelah agak dingin. Caranya gampang kok. Iris halus daun seledri. Ambil hasil irisan halus daun seldri tersebut sebanyak 1 sendok teh. Campurkan deh dengan air panas sambil diaduk2 kurleb 5 menitan. Kalau airnya udah mendingan agak anget, minum deh.

Oke, itu aja ya informasi mengenai bagaimana cara menghilangkan bau badan. Sebenernya kalau mau nambahin sih masih ada cara2 lain tapi kayaknya udah cukup ini aja deh. Kalau mau nambah info lainnya gugling aja ya. Banyak yang udah share.

Baca juga :

Intinya adalah jaga kebersihan diri sebaik mungkin. Ini modal utama biar bebas bau badan. Kalo badan udah bersih, paling tidak bau badan bisa diminimalisir. Untuk cara2 lainnya yang udah dijelasin diatas, itu juga perlu diterapkan dan dicoba secara kontinyu. Disiplinkan diri agar tetap konsisten. Silahkan dicoba semoga berhasil. Thanks ya udah mampir kesini!

SHARE